Berikut 5 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Tepat

menjaga kesehatan mata

menjaga kesehatan mata

Keberadaan indera penglihatan sangat penting, sayangnya tidak setiap orang menerapkan perawatan rutin untuk menjaga kesehatan mata. Seiring pertambahan usia organ ini terus mengalami penurunan fungsi. Anda bisa mencegah risiko tersebut dengan menerapkan berbagai cara pencegahan.

Dengan begitu, tidak akan mengalami gangguan mata serius dan bahkan terhindar dari penggunaan kacamata hingga usia lanjut. Nah, apa saja tindakan yang bisa diterapkan agar mata selalu terjaga kesehatannya?

 

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Sebenarnya tidak sulit untuk memelihara kesehatan mata sehingga organ ini tetap berfungsi optimal. Sayangnya terkadang tidak semua orang telaten untuk melakukannya. Biasanya orang baru melakukan pengobatan ketika mendapatkan gangguan saja pada indera penglihatan. Hentikan cara tersebut karena tentunya lebih baik mencegah ketimbang harus mengobati. Nah, begini tips menjaga kesehatan mata yang sangat disarankan.

 

1. Konsumsi makanan kaya gizi

Penyakit mata akibat penambahan usia seperti degenerasi makula mata dan katarak bisa dicegah dengan konsumsi makanan kaya omega 3, lutein, zinc, vitamin A, C dan E. Berbagai gizi tersebut terkandung di dalam buah jeruk, blackberry, blueberry, kacang-kacangan, telur, ikan tuna, salmon, wortel dan sayuran berdaun hijau.

 

2. Periksa mata secara berkala

Sangat disarankan untuk memeriksa mata minimal dua tahun sekali supaya kesehatan organ ini selalu terpantau. Bagi yang usianya sudah kepala empat sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan mata setahun sekali. Cara ini bisa mencegah serangan penyakit katarak dan glaukoma. Balita juga harus diperiksa kesehatan matanya mulai usia 6-12 bulan. Tindakan ini sangat penting untuk mendukung kemampuannya dalam belajar. Penting pula untuk mengetahui riwayat kesehatan indera penglihatan karena faktor keturunan juga berpengaruh terhadap gangguan atau munculnya penyakit mata.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Itunes

3. Batasi penggunaan gadget

Berbagai peralatan elektronik seperti laptop dan smartphone bisa memancarkan radiasi sehingga berdampak buruk bagi mata. Berbagai penyakit bahkan bisa muncul kalau terlalu lama menatap layarnya seperti mengalami pandangan jadi kabur, sulit fokus kala melihat objek yang letaknya agak jauh, mata tegang, penglihatan terasa kering, rasa nyeri di punggung,bahu, leher dan sakit kepala. Kalau aktivitas pekerjaan mengharuskan Anda menggunakan alat tersebut maka seringlah untuk mengistirahatkan mata. Dengan cara mengalihkan pandangan mata setiap 20 menit sekali. Cara menjaga kesehatan mata ini bisa mengurangi ketegangan dan seringlah berkedip supaya mata tidak kering.

 

4. Pakai kacamata hitam

Tidak hanya sekadar bergaya saja tapi penggunaan kacamata hitam bisa sebagai cara untuk mencegah kerusakan pada indera penglihatan. Cara ini akan meminimalisir dampak bahaya dari paparan sinar ultraviolet. Kalau dibiarkan terpapar sinar ini maka bisa memicu banyak penyakit seperti kanker kelopak mata, kornea terbakar, makula degerasi dan katarak.

 

5. Jangan merokok

Aktivitas buruk ini tidak hanya merugikan kesehatan tetapi juga mengakibatkan banyak penyakit. Merokok terbukti bisa memicu penyakit berbahaya seperti kerusakan saraf optik, degenerasi makula, katarak, kerusakan retina dan bahkan menyebabkan kebutaan. Jadi kalau Anda sekarang masih merokok, segera tinggalkan kebiasaan buruk ini sebagai cara untuk menjaga kesehatan mata.

 

Dengan memahami berbagai tips  menjaga kesehatan mata di atas maka Anda bisa melakukan pola pencegahan terhadap bahaya kerusakan indera penglihatan. Jadi pastikan Anda untuk mengkonsumsi makanan bergizi, periksa mata rutin, batasi pemakaian gadget, pakai kacamata hitam dalam kondisi khusus dan hindari kebiasaan merokok. Berbagai langkah tersebut sangat efektif untuk menghindari gangguan mata sekaligus penyakit berbahaya yang mengancam indera penglihatan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*