Bahaya Rokok yang Wajib Anda Ketahui

Bahaya Rokok

Bahaya Rokok

Rokok memang dapat dikatakan memberikan sumbangan besar terhadap negara melalui pajak yang dibayarkan. Sebab, Indonesia memiliki warga masyarakat yang separuh lebihnya merokok. Namun harus tetap diwaspadai, bahaya rokok yang seringkali diketahui namun diabaikan sudah sepatutnya tetap menjadi pertimbangan Anda.

Selain Anda dapat berhemat, dengan tidak merokok Anda akan terhindar dari berbagai macam dampak buruk yang ditimbulkan. Tentu ini akan memberikan Anda pilihan, kehidupan seperti apakah yang hendak Anda jalani?

 

Bahaya Rokok bagi Kesehatan dan Sosial

Sudah bukan hal rahasia lagi bahwa rokok memiliki beberapa kandungan yang berbahaya bagi kesehatan Anda. Ketika memerhatikan pada bagian bungkus rokok sudah tertera penjelasan bahaya rokok bahwa merokok membunuhmu, atau peringatan tidak ada batas aman! Mengandung lebih dari 4000 zat  kimia berbahaya, 43 zat penyebab kanker, peringatan semacam ini pun tidak dapat meredamkan minat masyarakat akan rokok. Barang yang dapat Anda beli dengan harga murah dan mudah ini memang menjadi candu bagi mereka yang beralasan membutuhkan. Mulai dari tingkat dewasa dan parahnya hingga anak-anak di Indonesia tetap menghisap tembakau bernikotin hingga saat ini. Berikut ini beberapa bahaya kandungan rokok yang dapat Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan:

 

1. Membahayakan Tubuh dan Organ di Dalamnya

Ketika Anda merokok kemungkinan terbesar adalah timbulnya masalah pada kesehatan Jantung. Sebab kandungan nikotin yang ada pada rokok akan berefek pada kurangnya suplay oksigen di dalam tubuh. Dampak buruk hingga adanya serangan jantung diakibatkan dari berbagai zat kimia berbahaya akan mempercepat detak jantung, menaikkan tekanan darah hingga akan merusak pembulu darah. Rusaknya pembuluh darah akan menyebabkan penggumpalan di dalam jantung, inilah yang nantinya secara berlanjut akan menyebabkan serangan jantung. Selain kerusakan pada jantung, dampak buruk lain adalah kerusakan pada tenggorokan hingga mulut. Mulai dari bau mulut, mudah keroposnya gigi, kerusakan pada gusi hingga resiko kanker lidah. Merokok juga berdampak bagi kesehatan kulit. Kulit yang terkena asap rokok akan kering dan kusam. Sementara bagi wanita hamil akan memiliki resiko keguguran dan gangguan kesehatan janin.

 

2. Berdampak pada Gangguan Psikologi

Selain pada kesehatan tubuh bahaya rokok juga mengancam kesehatan psikologis. Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa dengan merokok maka berbagai permasalahan akan terselesaikan karena dampak ketenangan yang didapatkan melalui nikotin. Namun Anda perlu tahu bahwa nikotin yang ada di dalam rokok juga mengakibatkan gangguan stress. Perokok akan menganggap dengan merokok akan memberikan efek tenang, tapi sesungguhnya ini merupakan gejala candu akibat nikotin yang terus meningkat. Dengan ini, perokok akan mudah memiliki emosi tidak stabil, mudah marah, putus asa, dan lain sebagainya.

 

3. Berdampak bagi Pergaulan Anak

Tingkat perokok dini saat ini semakin bertambah. Anak-anak di sekolah dasar pun mulai berani menyicipi tembakau bernikotin ini tanpa tahu bahaya rokok yang terkandung. Pada anak-anak di bawah umur, merokok akan berdampak jauh lebih parah. Merokok usia dini sama artinya dengan mempercepat kerusakan organ tubuh itu sendiri. Ketika rokok dikonsumsi orang dewasa dengan organ tubuh yang sudah matang akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, apalagi organ tubuh yang jauh lebih muda, maka penyakit akan rentan menyerang. Belum lagi mengingat efek psikologis, di kalangan anak muda, merokok masih menjadi bahan gaya-gayaan. Maka lebel keren hanya disematkan kepada mereka yang sudah berani merokok, pergaulan yang berkembang semacam ini patutlah mendapat perhatian penting, baik dari aparatur negara maupun orang tua. Sebab, anak akan tumbuh menjadi generasi yang harus siap menghadapi berbagai tantangan zaman.

Demikian tadi berbagai bahaya rokok yang dapat menimpa Anda dan keluarga. Tidak menutup kemungkinan bagi perokok pasif akan mendapatkan dampak yang serupa. Maka dari itu, pertimbangkanlah sebelum Anda merokok. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*