Menghemat Uang Belanja Bulanan untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Menghemat Uang Belanja Bulanan

Menghemat Uang Belanja Bulanan

Tidak bisa dipungkiri bahwa uang adalah kebutuhan pokok bagi manusia. Tanpa adanya uang, manusia tidak akan bisa membeli beras, barang-barang yang dia inginkan ataupun membayar jaminan kesehatan.

Maka tidak mengherankan jika banyak orang berbondong-bondong bekerja untuk mendapatkan uang. Sayangnya tidak semua orang bisa menghemat uang yang dia punya. Untuk menghemat uang Belanja Bulanan patut Anda ketahui agar ke depannya Anda memiliki tabungan sebagai penolong ketika terjadi sesuatu yang mendesak.

 

5 Langkah Menghemat Uang Belanja Bulanan

Setiap orang pasti gatal sekali ketika mempunyai uang. Entah itu ingin dipakai makan ke restoran, belanja kosmetik atau belanja baju-baju yang dia punya. Sebenarnya tidak masalah untuk melakukan hal demikian, namun akan menjadi kebiasaan buruk jika Anda tidak bisa mengaturnya dengan baik, atau bahkan perilaku tersebut membuat uang Anda selalu habis tanpa menyisakan tabungan sepeserpun. Demi menghemat pengeluaran, perhatikan langkah-langkah menghemat uang belanja bulanan berikut ini:

 

1. Memakai Sistem Amplop

Sistem amplop adalah sebuah sistem dimana Anda menempatkan uang sesuai dengan kebutuhan yang Anda punya. Misalkan uang asuransi kesehatan, uang belanja, uang jalan-jalan, Anda tempatkan pada amplop-amplop yang berbeda. Menghemat uang belanja bulanan dengan cara tersebut. Setidaknya dapat membuat Anda tahu pasti tentang pengeluaran yang sudah Anda perkirakan. Sisa uang dari kebutuhan-kebutuhan tersebut bisa Anda pergunakan sebagai investasi atau tabungan.

 

2. Simpan Bahan Makanan Sebaik-Baiknya

Sebagian besar wanita lebih suka memasak dan membelanjakan bahan makanan sebanyak-banyaknya. Hal ini mereka lakukan agar tidak bolak-balik ke pasar. Maka demi menghemat uang Anda secara besar-besaran, Anda bisa menyimpan bahan makanan tersebut sebaik-baiknya. Simpan saja di kulkas. Jadi untuk beberapa hari ke depan, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk belanja makanan lagi.

Baca juga: Sejarah Youtube: Situs Sharing Video Terpopuler di Dunia

3. Catat Rencana Belanja

Cara menghemat uang belanja bulanan yang lain adalah dengan mencatat segala rencana belanja yang ingin Anda lakukan. Misalkan saja kebutuhan dapur dan kebutuhan kamar mandi Anda habis, sebelum pergi ke swallayan, Anda terlebih dahulu mencatat segala yang ingin Anda beli. Hal ini dilakukan agar ketika Anda datang ke swallayan tidak gelap mata dan membeli barang-barang tidak penting.

 

4. Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit tidak bisa dipungkiri sangat membantu kehidupan sehari-hari. Dengan adanya kartu kredit, Anda tidak perlu membawa uang tunai ketika keluar rumah. Hanya saja ada peringatan bagi Anda yang sering menggunakan kartu kredit. diperlukan kehati-hatian agar Anda tidak merasakan kerugian dari kartu tersebut. Hal ini dilakukan agar Anda tidak terjerat utang yang diakibatkan dari penggunaan kartu itu. Dalam sistemnya, kartu kredit memang menalangi biaya belanja Anda terlebih dahulu, namun Anda tetap harus membayar utang-utang tersebut di akhir bulan.

 

5. Bandingkan Harga

Ketika Anda membeli sebuah produk, Anda tidak boleh secara langsung membelinya. Tapi harus dibandingkan terlebih dahulu dengan merk lain. Misalkan saja mie instan merk A lebih murah daripada merk B, pilih saja mie instan merk A. Paling penting adalah sama-sama bisa Anda makan dan memiliki rasa yang enak.

Sebenarnya menghemat uang itu hanya tentang konsisten. Apakah Anda konsisten untuk menahan diri atau Anda membiarkan diri Anda mengalir begitu saja. Tapi yang perlu Anda ingat adalah Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi besok. Maka sudah menjadi keharusan untuk Anda mempunyai tabungan. Menghemat Uang Belanja Bulanan tidaklah sesulit itu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*