Sejarah Youtube: Situs Sharing Video Terpopuler di Dunia

Sejarah Youtube

Youtube merupakan salah satu situs website terpopuler di dunia yang digunakan untuk berbagi atau sharing video. Situs ini sudah begitu terkenal di dunia karena mampu membagikan berbagai video dari bermacam-macam konten. Dari video yang berkonten hiburan, pendidikan, hingga video musik dari artis-artis terkenal dunia.

Namun, apakah Anda mengetahui bagaimana sejarah Youtube dari awal berdiri hingga menjadi situs nomor 1 di dunia ini? Sebelum menjadi situs yang sangat sukses seperti sekarang, perjalanan Youtube tidak semulus yang dibayangkan. Hal ini dikarenakan adanya beberapa kesulitan yang membuat perjalanan Youtube menjadi terhambat. Akan tetapi, semua kesulitan tersebut dapat diatasi dengan baik hingga membuahkan hasil yang manis dan juga meraih kesuksesan yang tinggi.

 

Inilah Sejarah Youtube dari Awal Berdiri Hingga Berkembang dengan Sukses

Dunia maya memiliki banyak pesaing yang kuat dalam hal perkembangan situs website, terutama situs Youtube. Namun, walaupun memiliki pesaing yang kuat, pamor yang dimiliki Youtube jauh lebih menarik minat masyarakat dunia. Inilah mengapa Youtube menjadi situs berbagi video Gudang Lagu nomor 1 di dunia. Berikut ini akan diuraikan sejarah Youtube secara singkat:

 

  • Situs website Youtube didirikan pertama kali pada tahun 2005 oleh 3 orang pria yang sebelumnya adalah karyawan PayPal. Mereka adalah Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Ide pengembangan Youtube ini diakui Steve Chen tercetus ketika mengadakan pesta makan malam di San Fransisco. Dimana pesta tersebut diselenggarakan di apartemen Chen sendiri.

 

  • Pada mulanya antara bulan November 2005 dan April 2006, Youtube didanai oleh investasi dari Sequioa Capital. Kantor pertama Youtube pun sebelumnya berada di San Mateo, California. Disana, para pendiri Youtube mulai mengembangkan situsnya secara mandiri dengan memberikan nama domain yang aktif pada tanggal 14 Februari 2005. Perkembangan lanjutan dari sejarah Youtube adalah dengan mengunggah video pertama Youtube yang berjudul “Me at the zoo” pada tanggal 23 April 2005 dan video ini masih ada sampai sekarang.

 

  • Tak disangka-sangka, perkembangan Youtube semakin meroket. Hingga puncaknya adalah ketika bulan Juli 2006, lebih dari 65.000 video telah diunggah setiap harinya dengan total kunjungan situs perharinya mencapai 100 juta kunjungan. Dari sejarah Youtube inilah, pamor Youtube semakin naik dan sukses di setiap tahunnya. Bahkan, menurut riset pasar ComScore, Youtube adalah situs penyedia video utama di Amerika Serikat pada bulan Mei 2010.

 

  • Untuk menyediakan lebih banyak video, maka Youtube memutuskan untuk bekerja sama dengan beberapa perusahaan entertainment ternama pada bulan November 2008. Hal ini untuk mengantongi izin agar dapat mengunggah beberapa episode televisi dan film dengan durasi penuh.

 

  • Pada bulan Oktober 2010, salah satu pendiri Youtube bernama Chad Hurley memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO Youtube. Jabatannya ini kemudian diambil alih oleh Salar Kamangar. Sejarah Youtube tidak terhenti disini, karena hingga sekarang Youtube mampu menyediakan berbagai konten menarik bagi para penggunanya.

 

Mendirikan dan mengembangkan sebuah situs website di dunia maya memang tidak semudah yang dipikirkan. Namun, situs Youtube mampu mengatasi hal itu dengan membuktikan diri bahwa situs ini menjadi situs terpopuler di dunia mengalahkan berbagai situs yang serupa. Bahkan, situs Youtube akan semakin berkembang dan maju hingga beberapa tahun kemudian. Itulah beberapa sejarah Youtube dari awal didirikan hingga sukses seperti sekarang yang jarang diketahui oleh banyak orang.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *