Strategy Cerdas Membeli Rumah

strategy membeli rumah

Memiliki rumah idaman adalah salah satu tolok ukur kesuksesan seseorang. Bagi Anda yang berkeinginan untuk hidup mandiri tanpa bergantung sepenuhnya kepada orang tua, membeli rumah pribadi adalah salah satu jalan yang sering ditempuh.

Meningkatnya kebutuhan akan kepemilikan rumah tentunya juga meningkatkan berbagai tawaran dari developer. Maka dari itu, bagi Anda yang hendak membeli rumah harus memahami terlebih dahulu strategy membeli rumah. Sebab, tidak jarang banyak orang yang merugi karena tidak memperhatikan dengan benar strategy untuk mendapatkan rumah yang benar-benar diinginkan.

 

Wajib Memperhatikan Hal-hal Ini Sebelum Membeli Rumah

 

1. Rencana Jangka Panjang Kepemilikan Rumah

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah perencanaan ke depan memiliki rumah. Ini merupakan hal dasar yang harus Anda pahami, sebab dengan mengetahui rencana jangka panjang dapat digunakan untuk memilih jenis rumah yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya rumah yang tidak akan Anda tempati secara full tentu Anda dapat membeli rumah yang berukuran sedang, begitupun sebaliknya. Memikirkan perencanaan jangka panjang dengan ini juga merupakan salah satu strategy membeli rumah yang sangat penting.

 

2. Berkonsultasi dengan Agen Property dan Developer

Setelah memiliki rancangan yang matang mengenai rumah yang hendak dibeli, Anda juga harus berkonsultasi dengan agen properti ataupun developer. Anda dapat mencari agen dengan mengunjungi alamat resmi ataupun via online. Agen yang Anda kunjungi akan membantu Anda dalam menentukan pilihan rumah yang sesuai dengan kebutuhan.

 

3. Memastikan Cara Pembayaran Rumah

Strategy membeli rumah yang harus Anda lakukan adalah memastikan cara pembayaran rumah. Biasanya, rumah dapat dibeli melalui transaksi tunai langsung dan melalui sistem cicil atau melalui Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Bila Anda memiliki pendapatan yang cukup untuk membeli rumah secara cash langsung tentu itu akan sangat mudah, sebab sepenuhnya rumah akan menjadi milik pribadi tanpa khawatir harus membayar di setiap bulannya. Namun, bila Anda memiliki penghasilan yang sedang-sedang saja dan memerlukan rumah, dapat dilakukan sistem KPR. Dengan sistem cicil Anda dapat memiliki sebuah hunian tentunya dengan lebih bersabar untuk mengurusi cicilan dan sedikit berurusan dengan pihak bank.

Baca juga: 7 Aplikasi Android untuk Mendengarkan Musik Online

4. Memastikan Kondisi Rumah

Memastikan kondisi rumah adalah salah satu strategi yang tidak boleh ketinggalan. Anda harus benar-benar memastikan kondisi rumah yang hendak Anda huni. Jika Anda membeli rumah kepada developer yang bersifat perencanaan, artinya developer hanya menyediakan gambaran umum rumah yang hendak dibangun dan dijual kepada Anda (menjual model rumah) Anda harus memastikan perjanjian kepada developer terkait dengan rumah yang hendak dibangun.

 

5. Memastikan Lingkungan Rumah Berada

Satu hal yang sangat penting dalam membeli rumah adalah turut memperhatikan lingkungan rumah berada. Sejatinya, rumah dimiliki dengan harapan akan terlindunginya diri dari berbagai hal yang mengganggu. Maka, sudah sepatutnya kita mengecek lingkungan sekitar rumah yang hendak kita beli. Memastikan lokasi rumah juga sangat penting. Anda harus memperhatikan apakah rumah Anda dekat dengan pusat kota atau tidak? Apakah dekat dengan pusat-pusat kebutuhan seperti market, rumah sakit, tempat ibadah, sekolahan, dan lain sebagainya. Tentu ini bergantung pada kebutuhan Anda masing-masing.

 

6. Mengecek Developer Terkait

Strategy membeli rumah yang tidak boleh terlupa adalah mengecek developer tempat kita membeli rumah. Pastikan developer tersebut merupakan lembaga resmi dan terpercaya. Sebab, banyak kasus penipuan yang dilakukan oleh pihak developer. Tentu ini akan berdampak pada kerugian yang akan alami. Pembelian melalui developer merupakan cara yang paling lazim dilakukan oleh masyarakat perkotaan, sebab sangat menguntungkan dengan transaksi yang mudah. Namun itu, Anda harus mengecek Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB), sertifikat tanah dan perjanjian transaksi lainnya.

Demikianlah tadi beberapa strategy membeli rumah yang harus Anda perhatikan. Membeli rumah adalah salah satu langkah maju bagi masa depan Anda. Maka, sudah sepatutnya perlu berhati-hati dalam membelinya. Semoga bermanfaat.

1 Trackback / Pingback

  1. 7 Tips Sebagai Solusi Merawat Baterai Ponsel Pintar - Video Blogging Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*